jump to navigation

MATERI TIK KELAS 7-BAB 1

BAB 1

MENGENAL TEKONOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

A. Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Informasi adalah pesan atau keterangan baik berupa tanda, isyarat, suara, lambang, maupun gambar yang diterima oleh pihak lain yang dapat menambah pengetahuan bagi penerima.

Komunikasi adalah  proses transformasi informasi (berupa pesan, berita, dll) antara dua pihak atau lebih melalui jarak tertentu tanpa mengubah isi informasi sehingga dapat dimengerti.

Teknologi yang menyertai proses komunikasi untuk menyampaikan informasi disebut Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) atau dalam bahasa Inggris Information and communication technology (ICT).

B. Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

1. Peralatan Teknologi Informasi

a. Komputer, yaitu sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan.

b. Faksimili (Fax), yaitu alat untuk mengirim atau menerima informasi melalui telefoto dengan sistem reproduksi fotografi.

c. Radio, yaitu alat penerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan media gelombang elektromagnetik.

d. Televisi, yaitu alat penerima informasi berupa gambar dan suara y ang dapat menerima transmisi gambar dan suara secara langsung.

e. LCD Proyektor, yaitu alat penyampai informasi yang berguna untuk menampilkan informasi berupa gambar atau suara.

f. Internet, yaitu jaringan komputer yang saling mentransfer data menggunakan Internet Protocol (IP).

2. Peralatan Teknologi Komunikasi.

a. Satelit, alat yang dapat menerima sinyal dari stasiun bumi dan dipancarkan kembali ke bumi dengan jangkauan yang luas.

b. Modem, yaitu perangkat yang dipasangkan pada komputer dan berfungsi mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog atau sebaliknya sehingga informasi dapat dialirkan.

c. Telepon, yaitu alat telekomunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima suara secara langsung.

C. Komputer

Menurut ejaan aslinya, Komputer berarti alat hitung. Kata Komputer berasal dari bahasa latin “COMPUTARE” yang berarti menghitung (dalam bahasa inggrisnya to “Compute”)

Komputer terdiri dari alat logik yang dapat menerima data, mengolah data, kemudian memberikan hasil dari pengolahan data tadi berupa output.

Definisi komputer menurut beberapa ahli:

* Menurut buku Computer Today, komputer adalah suatu sistem elekronik untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data input ( masukan ) memproses data tersebut, dan menghasilkan output ( keluaran ) berdasarkan langkah-langkah perintah pada program yang tersimpan di memori

*  Menurut Hamacher, ww adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

* Menurut Fuori, komputer adalah suatu pemproses data yang dapat melakukan perhitungan dalam skala besar secar a cepat termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika tanpa campur tangan dari manusia.

D. Penggolongan Komputer

1. Berdasarkan kemampuan pengolahan data dan bentuk fisiknya.

a. Main Frame merupakan komputer yang memiliki ratusan atau ribuan unit prosesor.Main frame dapat membagi memori untuk beberapa pemakai (multiuser) dan dapat menjalan program yang berbeda pada saat yang sama (multi tasking).

b. Minicomputer, merupakan bentuk mini dari mainframe yang memiliki puluhan unit prosesor.

c. Personal computer (PC) atau Microcomputer adalah komputer yang berukuran relatif kecil dan ditujukan untuk satu pemakai (single user).

d. Komputer Portabel adalah komputer yang berukuran lebih kecil daripada PC sehingga mudah dibawa dan dipindahkan.

2. Berdasarkan jenis data yang diolah

a. Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif berdasarkan input dari keadaan lingkungan yang nyata, bekerja secara kontinu dan paralel. Contohnya adalah komputer yang digunakan di rumah sakit untuk mengukur suhu dan kelembapan.

b. Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif, yaitu huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter-karakter khusus berdasarkan input dari pulsa elektronik. Contohnya adalah PC (personal computer).

c. Komputer hibrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan digital. Contohnya adalah faksimili.

E. Proses Pengolahan Data Elektronik (EDP)

EDP adalah manipulasi data menjadi bentuk yang lebih berarti berupa informasi dengan menggunakan komputer.
Suatu sistem pengolahan data terdiri atas 3 tahapan dasar yang disebut siklus pengolahan data ( Data processing cicle) yaitu input, Processing, dan output.

Siklus pengolahan data dapat dikembangkan dengan gambar sebagai berikut:

Orgination——->Input——>Processing——->Output——>Distributions

Memori/Storage

Keterangan:

1. Orgination merupakan proses pengumpulan data mentah/original.
2. Input merupakan proses pemasukan data ke komputer.
3. Processing merupakan proses pengolahan data.
4. Output merupakan proses menghasilkan informasi.
5. Distribution merupakan pelaporan hasi proses.
6. Memori/Storage merupakan proses penyimpanan.

Elemen EDP adalah sebagai berikut:
1. Perangkat Keras ( Hardware) ( Klik untuk download materi lengkap )
2. Perangkat Lunak (Sofware) ( Klik untuk download materi lengkap)
3. Brainware

Hardware ( Klik untuk download materi lengkap )
Hardware adalah perangkat keras yang berhubungan dengan fisik komputer, yang dapat dipegang.

Hardware terdiri dari:

1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.

INPUT DEVICE
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.

Contoh Input Device adalah:
– Keyboard
– Mouse
– Scanner
– Digital Camera
– Microphone
– Lightpens

OUTPUT DEVICE
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

Contoh Output Device:
– Monitor
– Printer
– Plotter
– LCD Proyektor

CPU ( Central Processing Unit )
Central Processing Unit adalah bagian komputer yang berfungsi untuk memproses data yang masuk dan mengawasi seluruh proses pengolahan data.

Tiga bagian CPU :

  1. Arithmetic and Logical Unit (ALU), alat yang bertugas melaksanakan semua proses perhitungan dan perbandingan secara logika.
  2. Control Unit (CU), alat yang bertugas melakukan pengendalian terhadap semua peralatan lainnya.
  3. Register, alat yang bertugas menyimpan data sementara yang akan diproses di ALU.

SOFTWARE ( Perangkat Lunak ) ( Klik untuk download materi lengkap )
Software adalah sekumpulan program yang berfungsi mengontrol semua proses komputer.

Perangkat lunak Teknologi Informasi:

  1. Operating System
  2. Utility Program
  3. Package Program
  4. Program Languange

Operating System, berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan kerja dari semua unit peralatan komputer.
Beberapa contoh Operating System adalah Windows, Linuk, Mac OS, Tigger, Palm OS, Symbian.

Ulity Program, berfungsi untuk melengkapi dari OS yang berguna untuk berbagai keperluan seperti memformat disk, mengcopy, dan lain-lain.

Package Program, program yang berfungsi untuk mengolah data sesuai dengan kebutuhan masing-masing pemakai.

* Word Processing
– Wordstar
– Ms. Word
* Spreadsheet
– Lotus 123
– Ms.  Excel
* Animasi dan Grafis
– Ms. Power Point
– Corel Draw
– Freehand

Perangkat Lunak Teknologi Komunikasi
Software komputer yang digunakan pada teknologi komunikasi diperlukan untuk berkomunikasi. Contoh software yang diperlukan sebagai berikut:

– Web browser, misalnya Microsoft Internet Explorer dan Mozila Firefox.
– File Transfer Protokol (FTP), misalnya Cute FTP, Core FTP, dan WS_FTP yaitu untuk mentransfer file anter komputer dengan komputer server di internet.
– Software untuk e-mail, misalnya Microsoft Outlook Express atau Netscape Mail.
– Software chatting, misalnya mIRC, Yahoo Messenger, ICQ
– Software untuk mengatur jaringan LAN, misalnya WInGate.

BRAINWARE

Brainware adalah pemakai komputer atau subjek yang mengoperasikan komputer tersebut.

  1. Sytem Analisy
  2. Programer
  3. Operator
  4. Tekhnisi

SYSTEM ANALIS
Tugas dari seorang System Analis:
– Komputerisasi
– Mempelajari organisasi yang sedang berjalan
– Menganalisa suatu output yang sudah ada
– Meyelidiki sistem yang sedang berjalan
– Medisain suatu proyek sesuai degnan permintaan pemakai komputer

PROGRAMMER
Tugas dari seorang Programmer adalah:
– Membuat program dengan menggunakan bahasa yang dimengeri oleh komputer.
– Membuat Flowchart untuk membuat logika dari program.

Programmer dapat dibedakan menjadi:
– Aplikasi Programmer, yaitu orang yang bekerja dalam pembuatan program yang diberikan oleh sistem analis.
– System Programmer, yaitu orang yang bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perkembangan Operating System Software.

OPERATOR

Operator dapat dibedakan menjadi:
– Data Entry, yaitu orang memasukan data-data kedalam media komputer.
– Komputer Operator, yaitu orang merawat, menjalankan, serta menghentikan komputer.

COMPUTER ENGGINNER/TEKNISI

Orang yang bertugas menjaga kelangsungan bekerja mesin komputer secara keseluruhan, termasuk mengganti dengan suku cadang baru apabila terjadi kerusakan.

%d bloggers like this: